Buat Sendiri Mainan Anak TK Outdoor untuk Si Kecil Kesayangan Anda, Yuk!

Siapa bilang mainan yang seru hanyalah mainan yang hanya bisa dibeli di toko-toko mainan? Pasalnya, Anda bisa kok mengajak buah hati kesayangan menghabiskan waktu bersama bermain di rumah, bahkan membuat mainannya bersama-sama! Tidak percaya?

Di sini, Anda akan temukan panduan untuk membuat permainan anak outdoor yang sangat mudah dan bisa dibuat dari barang bekas yang sudah ada, yaitu plastisin. Plastisin ini juga bisa dimainkan di dalam rumah atau di mana saja, serta mampu melatih kreativitas. Apalagi, plastisin buatan sendiri ini lebih aman daripada produk lilin yang banyak di pasaran.

Cara Membuat Plastisin Lilin Sendiri

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 gelas air bersih
  • 1 gelas tepung terigu
  • 1/3 cangkir garam
  • 2 sendok teh krim tartar
  • 1 sendok sayur minyak
  • Pewarna makanan, sesuai dengan keinginan

Cara membuat:

  1. Siapkan sebuah mangkuk plastik atau baskom, kemudian masukkan air, minyak, dan tepung. Campur ketiga bahan tersebut dan aduk terus sampai rata dan teksturnya berubah menjadi halis. Jadi, pastikan tidak ada sisa gumpalan sama sekali di dalam adonan, ya!
  2. Siapkan panci dan masukkan adonan yang sudah halus dari instruksi sebelumnya. Panaskan adonan di atas api kecil, kemudian aduk terus selama kira-kira 2 sampai 3 menit. Matikan api dan sisihkan dulu adonan sampai cukup dingin.
  3. Apabila adonan sudah berubah jadi agak dingin, tambahkan pewarna makanan secukupnya. Campur sampai pewarna makanan tersebar dengan merata. Kalau Anda ingin menggunakan warna yang berbeda-beda, Anda bisa pisahkan adonan ke dalam beberapa panci atau wadah logam. Atau, Anda bisa campur berbagai warna dalam satu adonan untuk menghasilkan warna pelangi yang cantik.
  4. Pindahkan adonan dari panci dan dinginkan. Setelah plastisin sepenuhnya dingin, mainan ini pun sudah bisa digunakan anak untuk bermain bersama Anda maupun teman-temannya!

Bagaimana? Mudah dan praktis, bukan? Tak kalah seru dibandingkan permainan anak outdoor lainnya seperti perosotan dan jungkat-jungkit, plastisin ini juga bisa melatih kreativitas dan indera sensori anak lewat sentuhan, lho! Apalagi, dari segi biaya pun plastisin buatan sendiri lebih terjangkau daripada plastisin yang dijual di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *