Faktor yang Mempengaruhi Besaran Biaya Jasa Pengiriman Luar Negeri

Jasa pengiriman belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup tinggi, pasalnya jasa pengiriman ini sangat dibutuhkan terlebih untuk transaksi jual beli secara online atau online shop. Tidak hanya pengiriman untuk di dalam negeri saja namun jasa pengiriman luar negeri memegang peranan penting saat ini dalam keseharian masyarakat. Baik itu pengiriman berupa dokumen ataupun barang.

Pesatnya perkembangan teknologi menjadi salah satu perkembangan signifikan pada perusahaan jasa pengiriman. Karena begitu banyak pelaku bisnis e-commerce yang berkembang zaman ini sehingga tidak menutup kemungkinan mereka memiliki pelanggan dari luar negeri. Akan tetapi sebagai pelaku bisnis online anda bisa mengalami kerugian jika tidak bisa memilih jasa pengiriman barang atau dokumen luar negeri yang tepat.

Nah, lalu bagaimana untuk mengatasinya? Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan jasa pengiriman luar negeri atau internasional agar terhindar dari berbagai permasalahan dan kerugian. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Menghitung Biaya

Hal pertama yang harus anda perhatikan ialah berapa biaya yang diperlukan untuk jasa pengiriman luar negeri tersebut. Hitung biaya yang diperlukan dan tarif yang paling bersaing untuk mengirimkan barang atau dokumen ke luar negeri. Agar lebih jelasnya ada beberapa faktor pertimbangan dalam menghitung biaya bergantung pada jenis kiriman dan negara tujuannya.

  • Semakin jauh negara tujuan maka tarif pengirimannya juga akan semakin mahal. Ada lagi faktor lainnya yang mempengaruhi yakni seperti volume barang yang akan dikirim. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan jasa pengiriman internasional yang akan digunakan pastikan untuk mengecek dan melakukan perbandingan tarif pengiriman internasional untuk berbagai negara antara satu perusahaan jasa dengan perusahaan jasa pengiriman lainnya. 
  • Faktor pertimbangan berikutnya yang mempengaruhi tarif atau biaya pengiriman internasional ialah kecepatan pengirimannya. Sebagai contoh pengiriman 1 hingga 5 hari sampai memiliki tarif yang lebih mahal, sedangkan pengiriman cargo yang biasanya akan sampai hingga 30 hari harganya lebih murah. Anda tinggal menentukan jenis pengiriman untuk jenis barang dan permintaan pelanggan anda. Pengiriman barang berupa makanan ataupun minuman tentu butuh dikirimkan dalam waktu yang cepat. Sedangkan untuk barang seperti elektronik tidak masalah jika menggunakan pengiriman yang sampainya cukup lama.
  • Ukuran dan berat barang yang anda kirimkan juga mempengaruhi harga tarif pengiriman internasional. Jika barang yang anda jual melalui online shop maka pastikan untuk mencantumkan ukuran dan berat dari barang tersebut, serta jangan lupa cantumkan pilihan pengiriman internasional. Ketika pelanggan memilih barang dia sudah mengetahui ukuran dan berat barang tersebut, sehingga mereka akan mengetahui tarif untuk jasa pengiriman luar negeri.
  • Faktor berikutnya yang perlu anda perhatikan ialah masalah pajak serta bea dan cukai untuk masing-masing negara itu berbeda. Jika anda mengirimkan dokumen umumnya tidak akan dikenakan pajak, sedangkan jika mengirimkan barang akan terkena pajak berdasarkan kategori barang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *