Optimalisasi Customer Service untuk Ecommerce

Peran CS atau Customer Service Ecommerce yang sangat besar bagi kelangsungan dan kesuksesan bisnis ecommerce perlu dilakukan optimalisasi. Sehingga customer yang mengalami kekecewaan selama proses transaksi pembeliannya tidak mengalami double kekecewaan yang berulangkali pada saat mengajukan komplain nya melalui CS. Hal ini bisa sangat fatal akibatnya, para pelanggan dan calon pembeli potensial yang telah susah payah didapat melalui berbagai iklan dan program promosi berbiaya besar bisa saja menjadi pergi, hilang dan sia-sia karena membatalkan transaksi pembeliannya dan beralih ke kompetitor atau cara belanja yang lain, yakni kembali berbelanja secara offline misalnya. Upaya-upaya optimalisasi customer service untuk ecommerce tersebut bisa ditempuh dengan berbagai cara berikut ini.

Penyediaan Tenaga CS yang Memadai

Tiap jenis perusahaan ecommerce hendaknya memiliki data mengenai jumlah kebutuhan efektif CS per customer nya. Dengan demikian maka akan bisa menyediakan jumlah CS yang tepat sesuai tingkat kebutuhan per customer yang akan terus berubah-ubah dan berkembang tiap waktu juga, bisa bertambah ataupun berkurang.

Peningkatan Kualitas CS

Upaya peningkatan kualitas CS bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan kerja serta penerapan SOP  (Standar Operasional Prosedur) yang berkualitas, juga dengan penyediaan FAQ (Frequently Asked Question) akan bisa sangat membantu. Dengan demikian CS akan bisa berfungsi dengan lancar secara efektif dam efisien.

Penyediaan Kontak yang Beragam dan Lengkap

Tak hanya dalam satu bentuk, perusahaan ecommerce hendaknya juga menyediakan beragam cara dan kontak yang bisa dihubungi sesuai keinginan customer, guna lebih memudahkannya. Juga sediakan CS tersebut selama 24 jam. Dalam hal ini kontak tersebut bisa berupa email Us, atau Text Us atau Call Us dan Live Chat Us dan lain sebagainya. Dengan demikian maka memudahkan customer atau calon customer untuk bisa menghubungi perusahaan kapan saja tiap saat. Tingkat kepercayaan konsumen juga akan meningkat, karena mudahnya perusahaan untuk dihubungi dengan berbagai cara tiap waktu.

Dengan CS dalam jumlah yang cukup memadai dan yang mampu bekerja dengan secara efektif dan efisien maka keberlangsungan perusahaan akan dapat terjaga dan meningkat pendapatannya secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *