Genset Juga Perlu Perawatan Agar Lebih Awet

Saat terjadi pemadaman listrik namun kita sangat memerlukan listrik untuk menyalakan peralatan elektronik sebagai penunjang pekerjaan maupun kebutuhan rumah tangga maka genset menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Agar harga genset dapat berfungsi secara baik saat dibutuhkan maka genset juga perlu dilakukan perawatan. Berikut beberapa cara yang dapat dipraktekkan.

  1. Pemanasan Genset

Tidak cuma motor atau mobil saja yang perlu pemanasan sebelum digunakan, genset pun juga perlu pemanasan. Untuk pemanasan genset dapat dilakukan seminggu sekali, agar mesin tetap aktif berjalan. Genset yang telah dipanaskan akan lebih baik kinerjanya saat digunakan.

  1. Periksa Oli Mesin Secara Berkala

Oli merupakan instrumen yang sangat penting dalam menunjang kinerja mesin genset, maka pemeriksaan oli genset secara berkala wajib untuk dilakukan. Pastikan jumlah oli tidak berkurang atau tetap berada pada jumlah yang semestinya. Selain memastikan jumlah oli perlu juga dilakukan penggantian oli secara berkala. Sama halnya dengan motor maupun mobil, genset juga perlu dilakukan penggantian oli, oli diganti saat sudah berwarna hitam dan keruh.

  1. Pastikan Bahan Bakar Selalu Terisi

Sebelum menghidupkan harga genset lebih baik cek terlebih dahulu bahan bakar genset. Pastikan bahan bakar mencukupi selama penggunaan, kehabisan bahan bakar saat mesin genset tengah beroperasi dapat menyebabkan mesin genset menjadi cepat rusak.

  1. Periksa Aki Genset

Periksa alur koneksi aki genset pastikan tidak ada yang longgar, pastikan sistem aki tidak ada yang berkarat. Kondisi aki yang kurang baik dapat berakibat terganggunya pada saat proses starting genset, dan membuat aki menjadi tekor.

  1. Memerhatikan Sistem Pembuangan

Salah satu ciri mesin harga genset bermasalah adalah dengan keluarnya asap yang berlebihan dan bau hasil pembuangan yang menyengat. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan ada masalah dengan kualitas bahan bakar yang digunakan, atau kualitas udara yang kotor maka perlu untuk dilakukan perbaikan segera untuk menghindari masalah yang lebih parah lagi.

  1. Merawat Sistem Pendingin

Sistem pendingin memerlukan kehati hatian dalam perawatannya, agar tidak merusak sirip sirip pada radiator pendingin. Bersihkan aliran pendingin dengan air mengalir atau menggunakan udara berkompresi rendah, jangan lupa untuk selalu mengecek cairan coolant pada tangki radiator. Jika radiator rusak atau tak berfungsi sebagaimana mestinya maka akan sangat berbahaya untuk kondisi mesin genset, mesin bisa menjadi overheat atau kepanasan yang berakibat mesin mati.

  1. Jaga Kebersihan Genset

Bersihkan kotoran, minyak, dan debu yang melekat pada genset, dengan membersihkan genset maka performa genset akan terjaga dan tentu saja fisik genset akan terlihat lebih bagus. Harga genset perlu untuk dibersihkan secara teratur agar tidak mudah rusak dan menjadi lebih enak untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *