Mengenal Tes Ovulasi, Macam dan Tips Pemakaiannya

Tes ovulasi adalah sebuah alat untuk mendeteksi waktu subur hanya dengan meneteskan sampel urine. Sekilas, alat ini hampir sama dengan test pack kehamilan. Bahkan cara penggunaannya juga sama, namun penggunaan tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunanya tengah memasuki masa subur atau belum. Untuk mencarinya, kita bisa mencari alat tes ovulasi di apotik.

Macam Alat Tes Ovulasi

Bagi Anda yang tengah merencanakan program kehamilan tentunya sangat membutuhkan alat ini agar dapat mengetahui masa subur yang kemudian dihimbau agar berhubungan intim untuk beberapa hari ke depan. Ada beberapa macam alat tesnya yang dapat Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

Strip

Harga jenis tes kesuburan ini di pasaran sangatlah terjangkau. Bahkan banyak orang yang sengaja memborong alat tes ovulasi strip ini agar dapat mengecek masa kesuburan secara rutin.

Compact

Alat tes kesuburan yang mengikuti perkembangan zaman serba digital ini, tidak hanya mampu mendeteksi hormon LH dan estrogen. Tetapi alat tes jenis digital juga dapat mengetahui masa subur lebih akurat dibanding alat tes ovulasi lainnya.

Scope

Selanjutnya adalah alat tes scope ini menggunakan air liur atau saliva sebagai sampel tes. Keunggulan menggunakan alat tes scope ini yaitu dapat digunakan berulang kali. Praktis dan juga ramah lingkungan.

Tips Pemakaian Tes Ovulasi

Setelah mengetahui beberapa jenis alat tes ovulasi, Anda juga perlu mengetahui tips-tips pemakaian alat tes agar hasil yang didapatkan semakin akurat.

Golden Time

Waktu terbaik untuk melakukan tes ini adalah periode waktu yang digunakan. Lakukan pengujian sekitar pukul 11 siang hingga 3 sore setiap harinya secara rutin.

Kontrol Asupan Air Minum

Sebelum melakukan pengujian masa subur, alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi minuman apapun karena akan mempengaruhi hasil tes.

Lakukan Dua Kali Tiap Hari

Banyak wanita yang melalukan tes kesuburan dua kali sehari mengikuti waktu kapan tengah bergairah. Bagi Anda yang ingin melakukan tes kesuburan dua kali sehari, lakukan dengan rentan selama 10 jam dari uji tes ovulasi pertama tiap harinya.

Silakan lakukan tips di atas agar hasilnya lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *