Sistem Reproduksi, Fungsi Hormon Luteinizing dan FSH yang Harus Kamu Tahu

Dalam sistem reproduksi, ada dua jenis hormon yang memiliki peran penting dalam sistem reproduksi pria dan wanita. Dua jenis hormon ini adalah FSH dan LH. Oleh karena itu penting untuk mengetahui masing-masing fungsi hormon luteinizing dan fungsi hormon FSH.

Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH) adalah dua hormone yang dihasilkan oleh Hipotalamus, yaitu bagian kecil di dalam otak pusat. Pada dasarnya, kedua hormon ini memiliki fungsi yang berbeda namun saling melengkapi dalam proses reproduksi pria dan wanita. 

Fungsi Hormon Stimulasi folikel adalah mengatur agar produksi sel telur pada wanita dan produksi sperma dapat berjalan baik pada pria. Sementara fungsi Hormon Luteinizing adalah bekerja sama dengan Hormon Stimulasi Folikel, agar pada wanita, siklus menstruasi berjalan normal dan menjaga fungsi testis pada pria.

Fungsi FSH Dan LH Pada Tubuh Wanita

Selain memastikan kelancaran siklus menstruasi, fungsi FLH dan fungsi Hormon Luteinizing adalah memacu pertumbuhan dan kematangan folikel atau sel telur. Mulai dari pembentukan, ovulasi, hingga akhir menstruasi.

Peningkatan fungsi Hormon Luteinizing memicu ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium. Sel telur yang sudah dilepaskan berubah menjadi folikel kosong yang melepaskan hormon progesteron yang berfungsi menebalkan jaringan dinding rahim untuk antisipasi jika terjadi kehamilan.

Dampak Jika FSH dan LH Terlalu Tinggi

Akibat yang pasti terjadi ketika kadar kedua hormon ini terlalu tinggi adalah fungsi yang dijalankannya tidak akan maksimal. Tingginya kadar FSH dan Hormon Luteinizing pada tubuh wanita dapat disebabkan oleh :

  • Masalah genetik (sindrom turner)
  • Banyak terpapar radiasi
  • Memiliki riwayat penggunaan obat kemoterapi
  • Gangguan auto imun
  • Gangguan kelenjar tiroid dan adrenal
  • Kanker Rahim

Fungsi FSH Dan LH Pada Tubuh Pria

Fungsi kedua hormon ini adalah memastikan proses pembentukan sperma sehat berjalan baik. Protein Pengikat Androgen adalah kunci utama dalam pembentukan sel sperma sehat, pada proses ini fungsi Luteinizing Hormone adalah merangsang pembentukan testosteron yang merupakan hormon penghasil sperma.

Dampak FSH dan LH Jika Terlalu Tinggi

Sama seperti pada tubuh wanita, kondisi hormon yang terlalu tinggi dapat berakibat tidak maksimalnya fungsi yang dijalankan dua hormon ini. Tingginya kadar hormon ini pada pria dapat disebabkan oleh :

  • Auto imun
  • Paparan radiasi
  • Rusaknya testis akibat konsumsi alkohol yang berlebihan
  • Sindrom Klinefelter, yaitu sindrom dimana pria kelebihan kromosom x

Dampak FSH dan LH Terlalu Rendah

Rendahnya kadar FSH dan LH pada tubuh wanita dan pria dapat menyebabkan infertilitas. Hal ini terjadi ketika hipotalamus tidak berfungsi dengan baik. Pada wanita, berat badan dibawah normal berpengaruh pada kadar dan fungsi hormon Luteinizing dan FSH. Sementara pada pria, kurangnya kadar FSH dan LH dapat mempengaruhi gairah sex dan sering merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *